sweetcow

Archive for Agustus, 2009|Monthly archive page

5 cm

In Isi lemari si sapi on Agustus 24, 2009 at 9:02 am

“Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh disini, didepan kening kamu… jangan menempel. Biarkan..”

“Dia…”

“Menggantung…”

“Mengambang…”

“5 centimeter… didepan kening kamu…”

“Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu…”

Filosofi yang menarik, yang diungkapkan oleh lima orang sahabat karib, Genta, Riani, Zafran, Arial dan Ian. Lima orang ajaib yang punya julukan “Power Rangers” ini adalah sahabat semenjak mereka SMA. Kemana-mana berlima, malakukan apapun berlima..tak terpisahkan. Mereka yang bersama-sama bertumbuh dan berkembang, bersama-sama belajar mengenal dunia, bersama-sama berusaha untuk menjadi yang terbaik untuk satu sama lain.

Mereka yang punya hobi mengeksekusi segala hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal adalah generasi muda penerus bangsa ini. Mereka yang setelah nongkrong di kafe terkenal di Jakarta, lansung nonton layar tancep, adalah pejuang-pejuang reformasi. Kebersamaan mereka adalah segalanya untuk mereka.

Hingga suatu saat mereka mengalami kebosanan dalam ruang persahabatan mereka, mereka merasa sudah tidak ada yang menarik lagi yang bisa dibahas diantara mereka. Mereka merasa sudah ‘garing’. Akhirnya mereka memutuskan untuk tidak saling berhubungan satu sama lain dalam beberapa waktu. Mencoba menjalani hidup masing-masing dan benar-benar menjadi diri masing-masing yang seutuhnya. Dan dalam masa-masa inilah mereka belajar banyak hal  yang membuat mereka berbeda dari sebelumnya, membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya.

Setelah tiga bulan, akhirnya mereka memutuskan untuk bertemu kembali. Melepaskan rindu yang telah mereka rasakan selama tiga bulan. Mereka memutuskan mengadakan perjalanan untuk merayakan kembali pertemuan mereka. Perjalanan dan petualangan yang penuh dengan mimpi, keyakinan, harapan, cita-cita dan cinta.

Perjalanan yang benar-benar  tak akan mereka lupakan sepanjang hidup mereka.

Perjuangan, rasa lelah, keputusasaan, keteguhan, harapan, kebersamaan, keyakinan, cinta dan kepedulian mereka telah diuji dalam perjalanan ini. Segalanya terungkap disini, rasa cinta yang selama ini tak berani untuk diungkapkan akhirnya terungkap dalam perjalanan ini.

Perjalanan yang benar-benar mengubah mereka menjdi manusia yang sesungguhnya, bukan hanya seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan dan punya nama.

Perjalanan yang menjadikan mereka melihat segala sesuatu dari sisi yang berbeda, yang menguatkan keteguhan hati mereka, dan yang membuat mereka semakin mencinta tanah ini, dan bumi Indonesia ini. Bumi dimana mereka dilahirkan.bumi yang telah membesarkan mereka dan memberi mereka minum. Bumi yang memberikan pelukan hangatnya saat mereka kedinginan dan bumi yang membuat mata mereka berurai air mata karena keindahannya.

Perjalanan yang semakin mengeratkan persahabatan mereka dan yang semakin membuat mereka lebih berpasrah dan iklas akan rencana-rencana Tuhan yang selalu memberikan kebebasan kepada kita untuk memilih, untuk menjadi baik atau buruk.

Dan perjalanan ini juga sebagai pembuktian untuk sebuah pendapat yang mengatakan bahwa idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh generasi muda adalah salah.

Bahwa sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bisa bermanfaat untuk orang lain, selalu akan ada dihati mereka.Dan Impian, Cinta dan Kehidupan adalah sesuatu yang sederhana yang ada dalam diri setiap manusia kalo mau meyakinin5 cmya.

Banyak pelajaran tentang perjalanan hidup, pejuangan dan keteguhan, harapan, impian serta cinta dan cita-cita, akan anda temui dalam buku ber-cover hitam karya Donny Dhirgantara ini. Selamat menikmati dan anda pasti akan menitikkan air mata anda karena keajaiban mimpi dan cinta.

Iklan

IQ vs EQ

In Cerita si sapi on Agustus 20, 2009 at 11:09 am

Kemarin ini gw lagi baca buku. Buku novel sich sebenernya tapi didalamnya banyak banget yang bisa gw pelajari.

Dari buku ini gw jadi tau, bahwa EQ (Emotional Quotient)itu memegang peranan yang lebih penting dari IQ (Intelectual Quotient). EQ adalah tingkat ukur untuk Emotional Intelligent atau kecerdasan emosional. Kenapa EQ lebih penting dari IQ? Karena kecerdasan emosional mengambil aspek-aspek tidak nyata dari kecerdasan manusia.

IQ yang merupakan tingkat kercerdasan seseorang yang diukur dengan derejat kecerdasan intelektual (intinya setiap orang yang IQ-nya tinggi pasti pinter lah..!!), memang punya pengaruh yang penting dalam kehidupan manusia, namun jika tanpa kecerdasan emosional yang cukup, tidak akan ada gunanya.

imagesMenurut buku yang gw baca itu, otak manusia terbagi menjadi dua, yakni Neocortex dan Limbic System. 80%  otak manusia merupakan Neocortex ato yang disebut dengan otak rasional. Nah sisanya adalah Limbic System atau yang disebut dengan otak emosional. Dari Limbic System inilah semua emosi seseorang berasal. Biarpun hanya memegang peranan sebanyak 20% dalam otak manusia, tapi Limbic System ini sangat berpengaruh dalam diri seseorang, makanya kita harus hati-hati, kalo ga bisa bahaya. Kalo kata orang kecil-kecil cabe rawit..:D

Dalam sebuah buku pernah diceritakan tentang seorang mahasiswa yang IQ-nya tinggi ato bisa dibilang pinter lah. Dia selalu dapat nilai A untuk setiap ujian (kalo ga pinter ga mungkin kan..??!!)nah, pada suatu hari si mahasiswa ini dapet nilai B dari dosennya, eh tuh mahasiswa ngambil pisau dan nusuk dosennya gitu..(kejaaaaaaammm…!!)

Kejadian diatas nunjukin kalo kecerdasan emotional sangat memegang peranan penting dalam diri seseorang. EQ memberikan gambaran tentang sikap manusia akan dirinya yang sudah pasti punya emosi. Nah kalo emosi tidak bisa dikendalikan akan sangat berbahaya, sebaliknya,  kalo bisa dikendalikan akan sangat membantu manusia.

Emosi datang tanpa permisi, datang tak dijemput, pulangpun tak perlu diantar, ato bahasa kerennya ga pake kulanuwun..apalagi telpon dan sms..:D makanya kita musti pinter-pinter ngendaliin emosi.

Ada dua keahlian yang diperlukan dalam kecerdasan emosional yakni Interpersonal skills dan Intrapersonal skills (udah pernah denger kan? Kalo belum coba liat Koran terus cari kolom lowongan pekerjaan, disitu pasti banyak istilah ini..:D).

Kalo kamu ngaku diri kamu orang yang ga ‘garing’ kamu udah punya ciri-ciri berikut ini belum? Keahlian dalam bergaul, mengerti emosi orang lain, bisa membaca emosi yang ada disekitarnya, mampu memahami orang lain dan mengerti orang lain. Kalo udah, berarti kamu punya Interpersonal skills yang baik. Dan kalo kamu emang udah punya Interpersonal skills yang baik, kamu juga harus punya Intrapersonal skills yang baik juga, biar seimbang. Coba lihat lagi dalam diri kamu, apa kamu ngerasa diri kamu mampu untuk mengerti dan mengendalikan emosi dalam diri kamu, ga gampang down kalo lagi ada masalah, selalu bersemangat, tekun, kalo lagi ada masalah langsung bangkit bukan malah terkungkung dalam pikiran-pikiran negatif, ga gampang nyerah kalo ada hambatan, kalo kamu ngerasa diri kamu udah memiliki semua itu, maka percaya deh kamu akan jadi orang yang hebat dan bahagia..:D

Kalo belum ya coba belajar, belajar untuk lebih bisa menerima diri dan mengendalikan emosi dan pikiran, dan jangan lupa selalu positif thinking.

Oke, selamat berjuang untuk mengenali dirimu dan menerima dirimu apa adanya dan menjadi lebih baik lagi..:D Semua bisa kamu capai kalo kamu punya semua itu..

Goodluck…GBU…

Hadiah Ulang Tahun untuk Bangsaku

In Cerita si sapi on Agustus 18, 2009 at 2:06 pm

Merdeka..!!

malalayang

Ya, bangsa kita tercinta sedang merayakan hari jadinya yang ke-64. Dan dihari jadinya yang ke-64 ini bangsa Indonesia mendapatkan hadiah yang cukup istimewa dan tak terlupakan. Tanggal 17 Agustus 2009, Indonesia telah berhasil memecahkan rekor dunia.

Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara telah menjadi saksi sejarah kehebatan bangsa ini dengan  mampu memecahkan rekor dunia dalam atraksi penyelaman massal. Tak hanya itu, dilokasi yang sama Indonesia juga kembali menciptakan rekor baru dengan menggelar upacara peringatan Kemerdekaan RI yang ke -64 dibawah laut.

Upacara peringatan HUT RI yang ke-64 ini dilaksankan dikedalaman kurang lebih 20 meter dibawah laut dan berlangsung selama kurang lebih 30 menit dengan peserta 2.465 penyelam, yang terdiri dari penyelam-penyelam Indonesia dan penyelam-penyelam perwakilan dari Negara-negara sahabat yang terbagi dalam lebih dari 50 kelompok. Bahkan juri Guiness Book Of World Record Lucia Sinigagliesi (asal Inggris) turut hadir dalam atraksi spektakuler ini.

Setelah terror bom di hotel JW Marriot dan Ritz Carlton beberapa waktu lalu, yang akhirnya membatalkan kedatangan tim sepak bola paling disegani Manchester United, akhirnya kita patut berbangga dengan prestasi yang telah dicapai oleh putra-putra bangsa dengan rekor yang dicapai ini.

Merupakan hadiah yang patut disyukuri oleh bangsa kita atas pencapaian prestasi ini.

Dengan kekayaan dan keindahan alam yang bangsa kita miliki ini, sudah selayaknya bahwa kita patut berbangga diri menjadi  warga Negara Indonesia.

Sekarang saatnya kita untuk bangkit dan menunjukkan pada dunia bahwa kita adalah bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Kita kibarkan tinggi sang dwi warna dilangit Indonesia.

Selamat Ulang Tahun Indonesiaku…

Tetap berjuang dan terus bangkit, kami ada bersamamu…

Sita Marital

In Curahan hati si sapi on Agustus 13, 2009 at 10:55 am

Apakah anda pernah mendengar tentang SITA MARITAL? Pada tulisan saya kali ini saya ingin membagi sedikit yang saya ketahui tentang sita marital.

Sita marital adalah sita jaminan atas harta bersama yang didapatkan selama masa perkawinan. Seseorang boleh mengajukan gugat sita marital terhadap pasangannya, jika pasangannya mempunyai kebiasaan buruk  yang dapat merugikan kedua belah pihak, seperti berjudi, mabuk-mabukan dan selingkuh. Gugat sita martial ini diatur dalam undang-undang perkawinan yang ada di Indonesia.

Gugat sita marital ini dilakukan selama masa proses perceraian. Dan untuk pembagian hartanya dilakukan setelah sidang perceraian dan putusan gugatan cerai didapat. Harta yang dibagi dalam sita marital ini adalah harta yang didapat oleh suami atau isteri selama masa perkawinan.

Dizaman sekarang calon pasangan suami isteri semakin kritis dalam memikirkan masa depan pernikahan mereka. Mereka tidak ingin apabila dikemudian hari timbul masalah dalam kehidupan rumah tangga mereka, mereka mendapat kesulitan dalam pembagian harta gono-gini. Maka, walaupun untuk pembagian harta bersama telah diatur dalam undang-undang perkawinan, calon pasangan suami isteri tetap mengadakan kesepakatan pra nikah. Kesepakatan ini menyatakan adanya pembagian harta masing-masing yang didapat selama masa pernikahan yang berarti bahwa harta suami tetap menjadi harta suami dan harta istri tetap menjadi harta si istri. Dengan kesepakatan ini apabila nanti dikemudian hari terjadi masalah dalam rumah tangga, maka penyelesaiannya akan lebih mudah, karena sudah ada pembagiannya.

Nah, mungkin ini bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi para sahabat yang sedang dalam proses untuk memasuki jenjang pernikahan. Semoga para sahabat lebih kritis dalam mempertimbangkan segala kemungkinan yang bisa terjadi dalam kehidupan rumah tangga yang akan para sahabat jalani.

Good luck for your better future with your love…:D