sweetcow

Bapak tua tak berlengan…

In Cerita si sapi on Desember 15, 2009 at 8:16 am

Aku sedang makan malam bersama dengan seorang teman di daera Bekasi Barat selepas pulang kantor. Saat kami datang tampak warung tenda itu tak begitu ramai, yang tampak hanya dua orang orang laki-laki yang sedang menikmati makan malamnya. Kamipun masuk dan memesan nasi goreng, yang kata temanku ”Enak tenan rek”, dan dua gelas minuman.

Tak selang berapa lama, pesanan kami datang dan kamipun mulai makan. Saat sedang asik makan disambi dengan mengobrol, datang seorang bapak tua kira-kira berusia 55 tahun, dengan baju berwarna coklat yang tampak sudah usang. Aku dan temanku terdiam sejenak saat tahu bahwa bapak tua itu tidak berlengan, cukup membuat kami syok melihat bapak tua itu. Tak tega rasanya untuk melihatnya berlama-lama, karena rasa iba sudah menjalar diseluruh tubuhku. Bapak yang sudah tua itu tampak lelah sekali. Dengan tampak wajah yang letih, memesan minum dan makanan.

Terasa miris sekali melihat si Bapak, dia minum dengan sebuah mangkok karena memang dia tak bisa memegang gelas. Tak bisa kubayangkan bagaimana dia akan makan nanti. Akhirnya nasi goreng yang dipesan sudah siap tersedia untuk disantapnya. Tampak si bapak tua makan tanpa sendok, beliau makan langsung dari piring, dan sedok hanya dipakai untuk mengumpulkan kembali nasi yang berantakan.

HEBAT, kata itulah yang cocok disampaikan untuk bapak tua itu. Tanpa memiliki dua tangan, dia tetap bisa berjuang untuk mengurus dirinya sendiri tanpa harus merepotkan orang lain.

SALUT, orang yang hidup dengan kekurangan seperti itu masih bisa tetap bertahan, bahkan untuk tetap bekerja demi keluarga dan anak-anaknya.
Tak bisa lagi kuucapkan rasa kagum aku atas kemandirian lelaki tua itu.
Hanya doa yang bisa panjatkan semoga berkat-Nya selalu melimpah atas diri bapak tua itu.

Sebuah fenomena kehidupan di Ibukota yang sangat ironis, membuat hati nuraniku terusik dan berempati dengan keadaan tersebut, sehingga membuatku makin bersyukur atas apa yang sudah Tuhan berikan kepadaku.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: